Makassar, ERANASIONAL.COM – Universitas Hasanuddin (Unhas) meraih prestasi membanggakan pada ajang Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) 2024 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional di Universitas Ciputra Surabaya, 15-22 Juli 2024.

Dalam kompetisi yang diikuti oleh 112 tim dari 112 perguruan tinggi seluruh Indonesia ini, Unhas berhasil meraih sejumlah penghargaan baik di kategori individu maupun tim.

Pada kategori Pratama, Arifah Nursyahbani Seru, mahasiswa program studi Hubungan Internasional angkatan 2023, berhasil meraih Juara 1 setara emas.

Prestasi ini menjadi bukti kecemerlangan Arifah dalam kompetisi debat meskipun baru pertama kali mengikuti ajang bergengsi ini.

Tidak hanya di kategori Pratama, Arifah Nursyahbani Seru juga meraih Juara 6 setara perak di kategori Terbuka, yang diikuti oleh seluruh peserta tanpa melihat pengalaman sebelumnya.

Selain itu, Abdul Salam, mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi angkatan 2021, berhasil meraih Juara 8 setara perak pada kategori yang sama (juara 6-10 disetarakan perak).

Pada kategori tim, Unhas mencetak sejarah dengan meraih peringkat 3 kategori utama.

Ini adalah kali pertama Unhas lolos hingga babak final KDMI dan berhasil meraih peringkat 3.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof. uhammad Ruslin, turut hadir dan memberikan dukungan serta semangat pada acara pembukaan final KDMI.

Mendengar raihan Unhas pada penutupan kompetisi, ia turut menyampaikan rasa bangganya atas prestasi mahasiswa.

“Prestasi demi prestasi yang diraih oleh mahasiswa Unhas menunjukkan bahwa ekosistem pengembangan talenta mahasiswa berjalan dengan baik. Unhas akan terus mengembangkan aneka kebijakan dan dukungan untuk mendorong keberhasilan mahasiswa demi mengharumkan almamater,” ujarnya. []