Jakarta, ERANASIONAL.COM – Semua Jemaah haji Indonesia sudah kembali ke tanah berakhir.

Tercatat hingga 21 Juli 2024 pukul 21.00 Waktu Arab Saudi, jemaah haji dan petugas yang telah kembali ke Tanah Air berjumlah 213.568 orang.

Mereka tergabung dalam 548 kelompok terbang (kloter).

Anggota Media Center Kementerian Agama Widi Dwinanda menyampaikan, pada, Senin, 22 Juli 2024 pukul 01.00 WAS, 316 jemaah haji kelompok terbang (kloter) 30 asal Embarkasi Kertajati (KJT-30) menjadi kloter terakhir yang diterbangkan dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah menuju Bandara Kertajati di Jawa Barat.

Kepulangan mereka sekaligus menutup operasional pemulangan jemaah haji ke tanah air.

“Hingga operasional pemulangan berakhir, jamaah haji reguler yang wafat pada musim haji tahun ini berjumlah 461 orang,” jelas Widi, Selasa 23 Juli 2024.

“Sementara jemaah haji yang masih dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) ada 62 orang, baik di Jeddah, Makkah maupun Madinah,” jelasnya.

Kemenag memastian jemaah yang masih di Arab tetap dikawal. Mereka dakan dipulangkan bertahap setelah kondisi kesehatan mereka membaik.

“Semua jemaah haji yang masih dirawat di RSAS tetap menjadi tanggung jawab pemerintah Indonesia hingga jemaah dapat pulang ke tanah air,” pungkasnya. []