Jakarta, ERANASIONAL.COM – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengomentari sikap Menteri Agama (Menang) Yaqut Cholil Qoumas yang dinilai antikritik.

Pasalnya, Menag tampak marah ketika ada pihak yang mengkritik pelaksanaan Haji 2024.

“Kemarin dikritik, marah Kemenag, dikritik soal Minah orang tidur laki-laki perempuan bertumpuk dalam kondisi pakaian ihram,” ujar Cak Imin saat membuka Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) PKB, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, dikutip dari Medcom Kamis (25/7/2024).

Menurut Cak Imin Menag berdalih pelaksanaan haji seperti itu telah dilakukan menyebut sejak zaman Nabi Muhammad. Ia menegaskan seharusnya pemerintah tidak boleh membiasakan suatu hal yang salah.

Ia memandang persoalan haji dari tahun ke tahun tidak ada solusinya. Beruntungnya, kata Cak Imin, jemaah haji selalu sabar dan menganggap kesulitan itu bagian dari cobaan dalam beribadah.

“Dari dulu tidak ada solusi, setelah satu abad baru ada solusi, yang namanya lempar jumroh bertingkat, kenapa Arafah Mina enggak dibikin bertingkat? Tentu menunggu Pak Jazilul menjadi menteri agama kira-kira,” ucap Cak Imin.