Batang, ERANASIONAL.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan operasional Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Jawa Tengah, hari ini Jumat (26/7/2024).

Berdasarkan catatan KITB, realisasi investasi yang sudah dikantongi di kawasan proyek tersebut mencapai Rp 14,8 triliun.

“Kita harus menyiapkan lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya untuk rakyat kita dengan investasi yang masuk sudah Rp 14 triliun dan menyangkut kurang lebih 19.000 pekerja,” kata dia saat peresmian operasional KITB, Jumat (26/7/2024).

Jokowi mengatakan, total luasan KITB sebesar 4.300 hektare ini diharapkan bisa menyerap total 250 ribu tenaga kerja. Saat ini baru 19.000 yang terserap dari total 18 perusahaan atau tenant.

Jokowi menjelaskan, pembangunan KITB didasari oleh ketegangan geopolitik, perang dagang antara China dan Amerika Serikat (AS), hingga pandemi COVID-19.

Pada kondisi ketidakpastian perekonomian global itu, membuat banyak pabrik yang memutuskan relokasi ke negara-negara yang mempunyai stabilitas ekonomi dan politik yang lebih baik. Indonesia, menurut Jokowi menjadi salah satu negara incaran investor untuk merelokasi pabriknya.

“Saya merasakan itulah Indonesia yang banyak dilihat dari luar oleh para investor,” tuturnya.

Peresmian ini juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif.

Kemudian, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, serta pejabat kementerian dan lembaga lainnya.