ERANASIONAL.COM – Minuman manis memang menyegarkan, tapi tahukah kamu bahwa konsumsi berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan?

Kandungan gula yang tinggi pada minuman manis dapat memicu berbagai masalah kesehatan yang serius.

Apa bahayanya mengonsumsi minuman manis berlebihan? Berikut lima bahaya yang perlu diwaspadai: 

  1. Obesitas: Kelebihan kalori dari gula dalam minuman manis dapat disimpan sebagai lemak sehingga meningkatkan risiko obesitas. Obesitas sendiri dikaitkan dengan beragam penyakit kronis lainnya.
  2. Diabetes Tipe 2: Dampak lain yang terbukti jelas dari kebiasaan minum manis yang berlebihan adalah Diabetes Tipe 2, Orang yang rutin mengonsumsi satu hingga dua kaleng atau lebih minuman manis dalam sehari memiliki risiko 26 persen lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 dibandingkan orang yang jarang mengonsumsi minuman tersebut.
  3. Penyakit Jantung: Kadar gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi.
  4. Penyakit Ginjal: Minuman manis dapat menyebabkan obesitas, diabetes, dan tekanan darah tinggi yang semuanya merupakan faktor risiko penyakit ginjal.
  5. Kerusakan gigi: Bakteri di mulut mengubah gula menjadi asam, yang dapat merusak gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

Mengingat konsumsi minuman manis membawa berbagai dampak negatif bagi kesehatan, sebaiknya mulai kurangi asupan minuman modern dari sekarang.

American Heart Association merekomendasikan pria mengonsumsi tidak lebih dari 9 sendok teh gula dan wanita tidak lebih dari 6 sendok teh per hari.

Tips mengurangi konsumsi minuman manis: 

  1. Batasi konsumsi minuman manis: Kurangi konsumsi soda, jus buah kemasan, dan minuman manis lainnya.
  2. Pilihan Air: air adalah pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh Anda.
  3. Membuat minuman sendiri: Anda dapat membuat minuman sehat sendiri dari buah segar dan air.
  4. Baca Label Nutrisi: Waspadai selalu kandungan gula pada makanan dan minuman yang kamu konsumsi.