Tangerang, ERANASIONAL.COM – Tiga orang calon Pekerja Migran Indonesia yang hendak berangkat ke Kamboja melalui Bangkok, dicegah Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia bersama Imigrasi Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Banten, Jumat sore, 26 Juli 2024.

Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia Benny Rhamdani membenarkan pencegatan tiga calon pekerja Indonesia tersebut.

“Kami menerima informasi terkait pemberangkatan tiga orang Calon Pekerja Migran yang akan diberangkatkan ke Kamboja melalui Bangkok,” ujar Plt. Direktur Pelindungan dan Pemberdayaan Kawasan Asia dan Afrika BP2MI, Firman Yulianto, dalam keterangan tertulis, Sabtu, 27 Juli 2024.

Firman menambahkan, Kepala Badan langsung memerintahkan untuk segera melakukan koordinasi dengan Imigrasi Bandara Internasional Soekarno Hatta sehingga keberangkatan tiga calon Pekerja Migran tersebut dapat dicegah.

“Setelah Imigrasi menerima Informasi dari BP2MI kemudian dilakukan pemantauan dan pencegahan Calon Pekerja Migran tersebut,” jelas dia.

Kata Firman, dua orang dari Pekerja Migran Indonesia berinisial RR dan IR tersebut, berhasil dicegah keberangkatannya di Terminal 3 Internasional Keberangkatan Soekarno Hatta.

RT dan IR hendak terbang ke Kamboja melalui Bangkok dengan menggunakan pesawat Thai Airways.

Namun, satu orang Calon Pekerja Migran berinisial WKS tidak terindentifikasi karena tidak melintas di Imigrasi keberangkatan Bandara Internasional Soekarno Hatta.

“BP2MI terus menerus melakukan pencegahan penempatan Pekerja Migran Indonesia yang tidak dilakukan secara prosedural. Terlebih Kamboja bukanlah negara penempatan Pekerja Migran Indonesia,” pungkas dia. []