Jakarta, ERANASIONAL.COM – Bantal pada kursi Kereta Cepat Whoosh berulang kali dicuri penumpang. PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyampaikan telah mengantongi data pelaku lewat CCTV di kereta.

Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa menjelaskan, berdasarkan hasil penelusuran CCTV, memang ada oknum penumpang yang sengaja melepas bantal dari sandaran kursi kereta kelas premium ekonomi.

“Sampai Juli 2024, sudah terjadi 6 kejadian hilangnya bantal dari kursi kereta Whoosh. Keseluruhan kasus tersebut dapat ditelusuri melalui 44 CCTV yang tersedia pada setiap rangkaian kereta,” kata Eva dalam keterangannya.

Pencurian terakhir terjadi pada Juli 2024, saat Whoosh nomor G1247 rute Halim-Tegalluar keberangkatan 11 Juli 2024 berhenti di stasiun akhir. Ketika petugas pelayanan melakukan pemeriksaan kebersihan dan barang yang tertinggal, didapati satu kursi premium Economy di kereta nomor 6 tidak dilengkapi bantal kepala.

Kejadian ini langsung ditelusuri oleh pihak KCIC melalui pemeriksaan CCTV kereta dan data penumpang. Saat ini, KCIC sudah mengantongi data penumpang dan akan ditindaklanjuti sesuai prosedur yang berlaku.

Adapun bantal di setiap kursi kereta Whoosh disediakan untuk meningkatkan kenyamanan penumpang selama perjalanan. Untuk itu, pihak KCIC sangat menyayangkan perilaku oknum penumpang yang tidak bisa menjaga fasilitas kereta.

“Tindakan melepas atau mengambil bantal pada kursi kereta berakibat pada rusaknya fasilitas serta berkurangnya kenyamanan penumpang yang dapat membuat penumpang lain tidak bisa menikmati fasilitas ini,” ujar Eva.

Pihaknya juga mengimbau penumpang untuk menjaga fasilitas. KCIC juga akan terus melakukan edukasi kepada penumpang untuk menjaga dan merawat kereta api cepat pertama di Asia Tenggara ini.

“KCIC mengajak seluruh penumpang untuk bersama-sama menjaga fasilitas yang disediakan demi kenyamanan bersama serta mewujudkan perjalanan yang aman, nyaman, dan menyenangkan dengan menjaga fasilitas umum yang ada,” tuturnya.

Bantal pada kereta Whoosh didesain dengan spesifikasi khusus. Bantal ini memiliki bahan tahan api, sehingga berbagai potensi bahaya yang dapat terjadi dalam keadaan darurat dapat diminimalisir.