Jakarta, ERANASIONAL.COM – Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ikut mengomentari urusan tambang yang belakangan heboh karena dibagikan ke ormas. Kata Megawati, yang penting bukan soal tambang tapi pangan.

Hal itu disampaikan Megawati dalam pidatonya saat Mukernas Perindo di Jakarta Concert Hall, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (30/7/2024).

“Lah kalau nanti terjadi juga mau diserang lagi karena negara kita ini memang luar biasa resources-nya, orang urusan tambang aja sekarang pada heboh. Woh mau nyari tambang, mau nyari tambang,” kata Megawati.

“Saya tuh sampai bilang sama temen-temen. makanno (pangano) tambang iku, nanti kalau sudah enggak ada beras terus piye,” imbuh dia.

Menurutnya saat ini dunia juga sedang ketar-ketir terkait ketersediaan beras. Katanya, Indonesia harus ekstra waspada.

“Apa negara sekarang kalau ndak percaya sama saya. Negara-negara yang impornya atau ekspor beras itu juga ketar-ketir, jadi mereka kemungkinan mungkin tahan (ekspor) karena buat negara mereka. Nah kita terus mencarinya ke mana,” tutur dia.

Mega menambahkan, PDIP sudah dari tahun ke tahun mengeluarkan instruksi untuk rakyat dan petani semakin galak menanam tanaman selain padi sebagai pengganti beras.

“Kalau nanti enggak ada jangan pikir loh mau impor, impornya juga ditahan. Itu kan harus waras kita berpikirnya, harus pintar kita berpikirnya. Bahwa kalau kemudian itu jadi terus kita bingung mau cari ke mana,” tutupnya.