Jakarta, ERANASIONAL.COM – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memastikan kehadirannya dalam sidang kabinet perdana yang akan diselenggarakan di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 12 Agustus 2024 mendatang.

“Ikut sidang kabinet dong, masa enggak ikut,” tegas Prabowo dikutip dari Kompas, Jumat 2 Agustus 2024.

Hal ini menandakan, Prabowo mendukung penuh pembangunan IKN.

Saat bertemu Presiden Jokowi, Prabowo juga melaporkan hasil kunjungan kenegaraannya ke beberapa negara Eropa kepada Presiden Joko Widodo.

Dalam lawatannya, Prabowo bertemu dengan sejumlah kepala negara, termasuk Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

“Saya baru tiba kemarin sore, jadi hari ini saya minta waktu laporan kepada Presiden kunjungan saya kemarin, yaitu menghadiri pembukaan Olimpiade, bertemu empat mata dengan Presiden Macron, dan beberapa negara lainnya,” jelas Prabowo.

Sementara itu, persiapan menjelang sidang kabinet perdana di IKN terus dilakukan.

Di sisi lain, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo akan berangkat ke IKN pada 11 Agustus 2024, sehari sebelum pelaksanaan sidang kabinet.

Dalam perkembangan terkait, Prabowo mengungkapkan bahwa dirinya kini sering diikutsertakan oleh Presiden Jokowi dalam hampir setiap rapat kabinet.

Bahkan, posisi duduknya kini berada di samping Presiden, berbeda dengan para menteri lainnya. []