Jakarta, ERANASIONAL.COM – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memastikan hadir dalam sidang kabinet di IKN Nusantara pada Senin (12/8/2024). Hal ini diungkapkannya ketika hendak menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Jumat (2/8/2024).

“Ikut dong. Masa enggak ikut,” ujar Prabowo.

Prabowo membeberkan tujuannya hadir di Istana. Dia ingin menemui Presiden Jokowi untuk melaporkan hasil kunjungan kerja ke Eropa pada 24-31 Juli 2024. Prabowo telah bertemu Presiden Turki Reccep Tayyip Erdogan hingga Presiden Rusia Vladimir Putin.

“Jadi hari ini saya minta waktu laporan kepada presiden kunjungan saya kemarin pembukaan olimpiade bertemu empat mata dengan presiden macron, dan beberapa negara lainnya,” terangnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan bahwa Presiden Jokowi bakal melaksanakan sidang kabinet perdana di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, pada Senin, 12 Agustus mendatang. Presiden bakal berangkat pada Minggu, 11 Agustus.

Agenda kunjungan kerja dari Kepala Negara, kata Basuki, tak hanya terbatas pada sidang bersama menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) tetapi juga melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) sejumlah proyek pembangunan.

“Ya pada tanggal 11 Agustus beliau (Jokowi) kesana, dan 12 Agustus direncanakan sidang kabinet di sana. (Groundbreaking) di antara itu, kan beliau disana 11—14 Agustus, tanggal 14 pulang, jadi di hari hari itu ada groundbreaking karna tanggal 13 engga tau ini bocoran atau engga ya, mudah mudahan ya open, tanggal 13 mengundang gubernur juga,” tuturnya.