Semarang, ERANASIONAL.COM – Komjen Ahmad Luthfi resmi resmi menyerahkan Pataka Polda Jateng Maneka Tunggal Dharma untuk penggantinya, Brigjen Pol Ribut Hari Wibowo.

Luthfi kini bertugas sebagai Inspektur Jenderal (Irjen) di Kementerian Perdagangan RI.
Upacara perpisahan Parade Komjen Ahmad Luthfi berlangsung penuh keharuan. Setelah menyerahkan Pataka Polda Jateng, Luthfi dan adik kandungnya Brigjen TNI Zainul Bahar, kemudian diarak menggunakan kereta kencana dari depan Kantor Polda Jateng hingga sepanjang Jalan Pahlawan Kota Semarang.

Zainul Bahar kini menjabat sebagai Danrem 072/Pamungkas yang membawahi wilayah Provinsi Yogyakarta.

“Saya berat meninggalkan Polda Jateng karena di sini saya sudah 4 tahun 8 bulan 28 hari,” ucap Luthfi, Jumat (2/8/2024).

Sebagai kapolda terlama, Luthfi mengaku banyak hal-hal berkesan selama bertugas di Jawa Tengah. Terutama soal ketika menjaga keamanan dan ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

“Memimpin itu tidak seperti Superman yang punya semua kekuatan jadi saya berkesan kepada anggota saya militan dalam memberikan layanan kepada masyarakat,” jelas dia.

Ia juga berpesan kepada anggota Polri untuk tidak menyakiti hati masyarakat. Polri harus menjadi pelindung dan pengayom.

“Ingat besar kecilnya Polri tergantung masyarakat,” tegas Luthfi.

Sementara, Kabid Humas Polda Jateng Kombes Artanto menyebut, Kapolda Jawa Tengah saat ini diemban oleh Brigjen Pol Ribut Hari Wibowo.

“Per hari ini, Kapolda Jateng yang baru mulai resmi berkantor. Soal arahan khusus atau petunjuk ke kami nanti diberikan selepas acara pelepasan,” kata Artanto.