Jakarta, ERANASIONAL.COM – Relawan Pro Jokowi atau Projo membantah ada operasi penjegalan dan kotak kosong di Pilkada Jakarta.

Isu kota kosong kata Projo hanya narasi yang sengaja dikembangkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Hal tersebut disampaikan oleh Bendahara Umum Projo Panel Barus untuk Pilkada Jakarta 2024, Jumat 9 Agustus 2024.

“Berkembangnya narasi kotak kosong di Pilkada Jakarta dan penjegalan terhadap 1 partai yaitu PDIP, DPP Projo memandang tidak ada skenario kotak kosong. Ini hanya narasi yang dikembangkan. Enggak ada upaya penjegalan,” kata Panel Barus dikutip dari Kompas TV.

Projo melihat ada dinamika di mana partai-partai yang mendukung calon tertentu.

“Mungkin sedang melakukan kalkulasi ulang calon tersebut, bisa menang atau tidak,” ujar Panel.

Diketahui untuk Pilkada Jakarta, Panel menuturkan Projo mendukung Ridwan Kamil.

Sebab menurut Panel, petahana dalam beberapa kali Pilkada Jakarta tidak pernah memenangkan pertarungan.

“Kalau dari awal Projo mendukung Ridwan Kamil, karena petahana tidak pernah menang. Kita siap mendukung Ridwan Kamil dengan cara-cara yang baik bermartabat,” tegas Panel.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyampaikan dirinya menerima laporan perihal adanya upaya mengganjal pencalonan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024.

“Ya kalau kami menerima laporan memang ada upaya-upaya untuk mengganjal pencalonan Anies Baswedan,” kata Hasto di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis 8 Agustus 2024.

Oleh karena itu, Hasto pun menegaskan PDIP akan mengawal Pilkada 2024 agar berjalan dengan sehat.

“Ketika ada upaya-upaya untuk mengganjal calon-calon tertentu, itu kehidupan demokrasi kita tidak sehat. Karena itu lah PDI Perjuangan terus mengawal agar kontestasi pilkada dapat terus berlangsung sehat,” ucap Hasto. []