IKN, ERANASIONAL.COM – Prabowo Subianto yang juga Presiden terpilih periode 2024-2029 menegaskan, tidak hanya melanjutkan tetapi juga menyelesaikan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser, Kalimantan Timur.

Hal itu ditegaskan Prabowo Subianto saat mendampingi Presiden Joko Widodo saat meninjau kawasan inti pusat pemerintahan IKN di Penajam Paser Kalimantan Timur, Senin 12 Agustus 2024.

“Saya kira sudah berkali-kali saya sampaikan bahwa saya bertekad untuk melanjutkan kalau bisa menyelesaikannya,” ucap Prabowo, dikutip dari Breaking News Kompas TV.

Menurut Prabowo, Presiden Jokowi dengan kepemimpinannya sudah berperan menginiasi Pembangunan IKN.

Oleh karena itu, Prabowo bertekad untuk berkontribusi melanjutkan dan menyelesaikan Pembangunan IKN.

“Pak Jokowi saya kira sudah mengambil peran sejarah beliau yang inisiasi, minimal saya lanjutkan kalau bisa saya ikut yang menyelesaikan,”tegasnya.

“Walaupun kita sadar pembangunan ibukota itu bukan pekerjaan yang sebentar ya, pekerjaan yang lama yang berat,” sambung pria yang juga Menteri Pertahanan itu.

Namun, Prabowo yakin dalam waktu 3 sampai 4 tahun IKN akan bisa berfungsi sebagai ibu kota bagi Indonesia.

“Saya percaya dalam 3,4,5 tahun fungsi daripada ibu kota ini sudah bisa berjalan. Ini saya bukan orang Teknik, tapi saya empiris, saya juga orang lapangan, saya juga banyak membangun,” ungkap dia.

“Saya kira kalau kita lihat, optimis ya dan nanti akan kelihatan betapa manfaat daripada pemindahan ini walaupun nanti tentunya banyak yang masih harus kita kerjakan,” tambahnya.

Saat ditanya, apakah Prabowo dikonfirmasi apakah dirinya akan berkantor di IKN jika nanti resmi menjabat sebagai presiden.

Prabowo membenarkan, sebagai presiden, dirinya akan berkantor di IKN.

“Kalau ibu kota ya presiden ada di ibu kota,” pungkas Prabowo Subianto. []