Jakarta, ERANASIONAL.COM – Mantan Presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak bisa menghadiri upacara perayaan 17 Agustus ke-79 RI di IKN.

Hal itu diutarakan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

AHY menjelaskan, ayahnya tak bisa datang ke IKN karena sudah memiliki agenda yang telah dijadwalkan di Pacitan Jawa Timur pada hari yang sama.

“Beliau sudah ada kegiatan yang direncanakan jauh-jauh hari juga. Upacaranya di Pacitan, di kampung halaman,” kata AHY di Istana Garuda, IKN, Kalimantan Timur, Senin 12 Agustus 2024, dikutip dari Antara.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan pihaknya akan mengundang Presiden kelima Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri untuk menghadiri upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Jadi nanti mantan presiden dan wakil presiden akan diundang untuk hadir di upacara detik-detik proklamasi di IKN,” ucap Pratikno di Jakarta, Selasa 6 Agustus 2024 lalu.

Ketika ditanya apakah pihak istana sudah mendapatkan konfirmasi kehadiran dari Megawati dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, dia mengaku belum mengetahuinya.

Sebab, kata dia, undangan untuk upacara HUT ke-79 RI di IKN baru akan dikirim.

“Kami belum tahu ya, karena proses undangan juga masih dikerjakan, akan segera dikirim. Kami akan cek dan konfirmasi,” kata Pratikno. []