Penajam, ERANASIONAL.COM – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menilai Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur akan menjadi salah satu ibu kota terbaik di dunia.

Hal itu disampaikan Ma’ruf saat menceritakan pengalaman pertamanya bermalam di IKN.

“Saya kira akan menjadi salah satu ibu kota terbaik di dunia,” kata Wapres, usai groundbreaking Istana Wakil Presiden di IKN, Senin 12 Agustus 2024, dikutip dari Antara.

Wapres menambahkan, dengan adanya Istana Garuda di IKN yang megah dengan kontur tanah yang menurutnya baik.

“Kita harapkan memberikan rasa kebanggaan, percaya diri, bahwa kita sebagai bangsa bisa membangun Istana yang bisa melebihi Istana di luar negeri dan ini menjadi motivasi,” ucapnya.

Selain Istana Gadruda, di IKN juga terdapat bangunan-bangunan yang memenuhi standar internasional

Di sisi lain, ia juga menyebut IKN memiliki kualitas udara yang bagus, yakni bersih dan segar.

“Saya kira sudah sangat bagus sekali dan udaranya enak bersih bangunannya saya kira memenuhi standar internasional lah,” jelasnya.

Ia pun menyebut IKN akan menjadi warisan masa depan bangsa Indonesia.

Diketahui, Wapres bersama Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin tiba di IKN, pada Minggu sore 11 Agustus 2024 sekitar pukul 18.00 Wita.

Ini merupakan pertama kalinya Ma’ruf berkunjung ke IKN. Saat menginjakkan kaki di tanah IKN, ia langsung memanjatkan doa yang diaminkan oleh para pejabat dan rombongan yang menyertainya.

Dalam kunjungannya di IKN, Wapres melakukan sejumlah kegiatan kerja, termasuk menghadiri sidang kabinet paripurna perdana di Istana Garuda, serta peletakan batu pertama (groundbreaking) Istana Wakil Presiden di IKN, pada Senin 12 Agustus 2024. []