Jakarta, ERANASIONAL.COM – Pemerintah menyiapkan anggaran cukup besar, yakni Rp 87 miliar untuk upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Anggaran ini, jauh lebih besar jika dibanding biaya HUT RI tahun sebelumnya yakni Rp 53 Miliar.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata, Selasa 13 Agustus 2024.

“Jadi tahun ini kami menyiapkan anggaran RP 87 miliar ya, Rp 87 miliar untuk kegiatan perayaan 17-an di IKN. Kalau dibanding tahun lalu di Jakarta itu Rp 53 miliar,” ucap Isa, dikutip dari kompas KompasTVa.

Menurut Isa, kenaikan anggaran untuk HUT RI dikarenakan ada kebutuhan untuk pengadaan alat-alat upacara yang baru di IKN.

“Kenaikannya memang terutama karena pengadaan alat-alat upacara yang baru di sana ya, itu terutama yang biaya rincian biaya besar itu alat-alat upacara,” ungkap Isa.

“Kemudian menyimpan sarana fisik yang memang perlu dilakukan di tempat yang baru, di sana jamuan juga cukup besar dibanding di Jakarta terutama mungkin karena memang alokasinya belum tersedia cukup sarana prasarana untuk jamuan ini,” tambahnya.

Sebagai informasi, peringatan HUT ke-79 RI pada tahun ini memang dilakukan di dua tempat, yakni di IKN dan di Istana Merdeka Jakarta.

Untuk di IKN rencananya akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Sementara di Istana Merdeka Jakarta, upacara dipimpin Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amain dengan Wapres Terpilih Gibran Rakabuming Raka. []