Penajam, ERANASIONAL.COM – Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan, pada Jumat 16 Agustus 2024 malam.

Selanjutnya Presiden dan Ibu Negara menuju Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Biro Pers Sekretariat Presiden yang dilansir dari Antara mengatakan, Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Presiden dan rombongan mendarat sekitar pukul 19.00 Wita.

Presiden Jokowi terlihat mengenakan setelan jas hitam, sementara Ibu Negara Iriana tampil kasual dengan jaket jins, celana hitam, dan hijab berwarna merah muda.

Setibanya di bandara, Presiden Jokowi disambut oleh sejumlah pejabat daerah, termasuk Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo

Selain itu tampak pula, Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol. Nanang Avianto, Danlanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Edi Kuswanto, serta Danlanud Dhomber Kolonel Pnb David Ali Hamzah.

Presiden dan rombongan akan langsung menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Di IKN, Presiden Jokowi akan memimpin apel kehormatan dan renungan suci (AKRS) yang digelar di Taman Kusuma Bangsa tengah malam nanti.

“Nanti malam, Presiden bersama Panglima TNI, Pak Kapolri dan menteri terkait akan melakukan kegiatan renungan suci Taman Kusuma Bangsa,” ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dalam keterangannya kepada awak media usai doa bersama menjelang peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia di Istana Garuda, IKN.

Sementara itu, besok pada 17 Agustus 2024, Presiden Jokowi akan menjadi inspektur upacara pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang pertama kali digelar di Istana Negara, IKN. []