Jakarta, ERANASIONAL.COM – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar (Cak Imin) hadir upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Sabtu (17/8/2024). Ia mengaku sempat diajak berkeliling oleh Presiden Jokowi di sekitar IKN beserta pejabat lainnya.

“Kemarin saya lihat sama Pak Jokowi diajak jalan-jalan,” kata Cak Imin dikutip dari Kumparan, Senin (19/8/2024). 
Dia ikut memuji IKN bisa dibangun dengan baik dalam waktu singkat hanya tiga tahun.
Sikap Cak Imin berbeda dengan sebelumnya saat dia maju sebagai Cawapres pendamping Anies Baswedan. Saat itu Cak Imin kerap mengkritik IKN.
“Ya semua berjalan lancar, baik, dan alhamdulillah semua proses di IKN berjalan baik. Ya sebagai bangunan dalam waktu singkat, tiga tahun sudah prestasi baik,” ungkapnya.
Padahal, Cak Imin sebelumnya pernah menyampaikan kritik pemindahan ibu kota ke IKN. Dia bahkan pernah menyebut IKN sebagai hutan.
“Kalau sekarang kan memang (IKN) belum layak ditinggali. Enggak layak tinggal di sana per hari ini,” kata Imin saat dijumpai di acara Indonesia Millenial and Gen-Z Summit, di Jakarta, Minggu (26/11/2023).
“Itu kan pilihan aja, lagi enak di Jakarta, tiba-tiba disuruh ke hutan, entar dulu. Itu pilihan pribadi, referensi tinggal pribadi,” lanjutnya.