Jakarta, ERANASIONAL.COM – Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep sebelumnya merupakan seorang pengusaha. Namun, bisnisnya banyak yang tidak bertahan lama.

Nama Kaesang Pangarep dan Erina Gudono kembali viral. Pasutri tersebut tampak sedang berada di AS karena Erina hendak melanjutkan S2.

Akan tetapi, keduanya disebut melakukan blunder karena menantu Jokowi sering pamer foto gaya hidup mewah saat sedang ada demo besar-besaran di Indonesia.

Kaesang dan Erina diduga terbang ke AS dengan menggunakan jet pribadi, memberi roti Rp400.000, membeli stroller Rp30 juta dan banyak ragam lainnya.

Netizen pun menyoroti tentang dari mana keduanya mendapatkan uang untuk berfoya-foya.

Kaesang sendiri merupakan pengusaha, pria yang belum genap berusia 30 tahun tersebut memiliki banyak bisnis. Beberapa usaha Kaesang yang terkenal adalah Sang Pisang, Mangkok Ku, Chili Pari, Markobar, Goola, Saham Rakyat, dan ternak lele.

Akan tetapi, beberapa bisnis Kaesang disebut gulung tikar. Berikut adalah beberapa bisnis Kaesang Pangarep yang bangkrut.

Daftar Bisnis Kaesang Pangarep yang Bangkrut

1. Sang Javas
Bisnis Sang Javas diperkenalkan Kaesang pada tahun 2017. Namun saat ini, bisnis tersebut tidak lagi eksis. Bahkan unggahan terakhir Instagram Sang Javas tercatat dilakukan pada tahun 2020 lalu.

2. Ternakkopi

Kaesang juga pernah memiliki bisnis bernama Ternakkopi. Bisnis ini merupakan hasil kerjasama dengan Gibran.

Namun sejak setelah pandemi Ternakkopi tutup lantaran tidak laku.

3. Goola

Kaesang juga sempat memiliki usaha minuman dengan merek Goola. Usaha ini fokus pada minuman tradisional yang dikemas modern.

Akan tetapi, Goola juga sudah tidak eksis alias gulung tikar.

4. Madhang

Pada 11 Desember 2017, Kaesang meluncurkan aplikasi Madhang. Ya, Madhang adalah sebuah aplikasi yang didirikan Kaesang untuk membantu ibu-ibu memasarkan produknya.

Akan tetapi, inovasi ini gagal dan Madhang pun tutup.

5. SiapMas

SiapMas merupakan usaha Kaesang yang menghadirkan produk minuman dan makanan ringan, seperti keripik dengan nama Ngedrink dan Kemripik di berbagai minimarket.

Namun, usaha ini juga tidak berlanjut.