Jakarta, ERANASIONAL.COM – Anies Baswedan dikabarkan diusung PDIP untuk maju kembali di Pilkada DKI jakarta.

Anies Baswedan mengaku masih terus mengikuti proses yang saat ini tengah berjalan di internal PDI Perjuangan.

Dia pun meminta publik bersabar menunggu pengumuman resmi dari PDI Perjuangan.

“Kita tunggu saja sampai teman-teman di PDI Perjuangan menyampaikan kepada saya. Tentu semuanya menunggu arahan dari Ibu Ketua Umum Megawati. Saya menunggu,” ujar Anies dikutip dari CNNIndonesia, Minggu 25 Agustus 2024.

Diketahui, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan DKI Jakarta memberi sinyal dukung Anies Baswedan di Pilgub DKI Jakarta 2024.

Pernyataan itu disampaikan oleh Ketua DPD PDIP DKI Ady Wijaya usai menerima kunjungan Anies di kantornya, Jakarta, Sabtu 24 Agustus 2024 siang.

Pria yang akrab disapa Aming itu menyebut, PDIP telah memiliki kesamaan dengan Anies, terutama menyangkut komitmen terhadap konstitusi dan aturan main.

Sementara politikus PDIP, Masinton Pasaribu yang hadir pada kesempatan itu menyatakan PDIP akan menyambut dengan tangan terbuka jika Anies ingin menjadi kader.

Masinton menuturkan hasil pembicaraan dengan Anies akan disampaikan ke DPP PDIP.

Menurut Masinton, pertemuan itu digelar untuk menyamakan frekuensi dan persepsi, khususnya terkait ideologi dan platform perjuangan partai banteng.

Peluang Anies bergabung maju lewat jalr PDIP terbuka lebar, setelah DPR dan KPU berjanji akan mengikuti putusan MK soal syarat ambang batas pencalonan kepala daerah.

MK dalam amar putusannya pada Selasa 20 Agustus 2024, mengabulkan gugatan perkara Nomor 60/PUU-XXII/2024 yang diajukan Partai Buruh dan Partai Gelora.

Dalam putusannya, hakim konstitusi menilai Pasal 40 Ayat (3) UU Pilkada inkonstitusional. []