Jakarta, ERANASIONAL.COM – Ketua Umum PDI Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri menegaskan akan melawan pihak-pihak yang jadikan dirinya target.

Hal itu dia sampaikan saat berpidato usai pengumuman calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah tahap ketiga di Kantor DPP PDI-P, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Senin 26 Agustus 2024.

“Jangan coba-coba kalian menjadikan saya target, saya lawan. Enak aja, emangnya siapa gua,” tegas Megawati.

Megawati kemudian menuturkan berbagai krisis konstitusional dan kecurangan terstruktur, sistematis, dan masif (TSM) sesungguhnya tidak perlu terjadi jika pemimpin menempatkan sikap kenegarawanan.

“Renungan ini kontemplasi atas berbagai persoalan bangsa akhir-akhir ini menyimpulkan betapa sangat berbahayanya sistem hukum yang melupakan etika dan moral terutama hati nurani, apalagi kalau sampai yang pimpinan negara ini lupa diri,” jelas Mega, dikutip dari tayangan Breaking News Kompas TV.

“Sekiranya seluruh pemimpin menempatkan sikap kenegarawanan, berbagai krisis konstitusional dan kecurangan TSM itu terstruktur dan sistematis,”tambahnya.

Megawati menilai orang yang melakukan kecurangan TSM sebagai pengecut dan tidak punya karakter.

“Saya suka pikir deh orang yang melakukan TSM itu orang pengecut tahu nggak, tulis itu gede-gede, tidak punya karakter, ya pengecut dong, kok bangsanya sendiri dibegitukan, ya saya nggak nerima dong,” pungkas Megawati. []