Jakarta, ERANASIONAL.COM – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto perintahkan intelijen di RI siap menjaga kelancaran pilkada serentak 2024.

Hadi memerintahkan intel harus benar-benar memperhatikan pelaksanaan pilkada.

Selain itu kata dia, intel harus menguasai wilayah berdasarkan indeks kerawanan yang sudah dirilis Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

Menurutnya, intel harus memperhatikan detail sekecil apa pun saat menjaga pilkada serentak.

“Ibarat kata, saya sampaikan kemarin, di daerah Malang bagian selatan mungkin, itu ada daun jatuh saja, aparat intelijen harus tahu jatuh kenapa. Jatuh dipetik atau jatuh pada waktunya,” kata Hadi dalam acara Pemetaan Kerawanan Pemilihan Serentak 2024 di Jakarta, dikutip dari kompas TV Senin 26 Agustus 2024.

Mantan panglima TNI itu mengingatkan intel agar sepenuhnya menjadikan indeks kerawanan Bawaslu sebagai pedoman dalam bertugas di lapangan.

Hadi mengingatkan agar para intel bekerja ekstra demi keamanan.

“Intelijen ini harus benar-benar memperhatikan, melihat. Jangan sampai ada kerawanan sekecil pun. Sehingga aparat intelijen harus bekerja 24 jam, mengantisipasi jangan sampai ada gangguan,” ungkapnya.

Jika para intel sudah menguasai seluruh wilayah sesuai indeks kerawanan, maka potensi gangguan saat pilkada serentak bisa diantisipasi dengan baik. []