Jakarta, ERANASIONAL.COM – Tidur yang cukup dengan nyenyak memungkinkan tubuh kita untuk kembali berfungsi optimal saat bangun.

Karenanya, sangat penting untuk kita memiliki kualitas tidur yang baik setiap harinya.

Dikutip dari Sleep Foundation, tidur nyenyak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk memperbaiki dan menumbuhkan kembali tulang dan otot serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Kendati demikian, berbagai masalah bisa menyebabkan kamu sulit tidur tidur cukup apalagi nyenyak.

Mulai dari stres, gangguan tidur seperti isomnia, hingga masalah medis tertentu bisa bikin tidur kamu nggak nyenyak.

Dirangkum dari berbagai sumber,akan memberikan sederet tips agar kamu bisa deep sleep alias tidur nyenyak setiap hari.

1. Tidur tepat waktu

Tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya. Misalnya bila kamu terbiasa tidur selama 6–7 jam, sebaiknya pergi untuk tidur sekitar pukul 10 atau 11 malam agar kamu bisa bangun pukul 5 atau 6 pagi. Lakukan ini setiap hari agar kamu mendapatkan waktu tidur yang berkualitas.

2. Kelola stress

Penelitian menyebut bahwa stres tidak hanya membuat seseorang sulit tidur, tapi juga tidak bisa tidur nyenyak. Jadi, cobalah untuk melakukan aktivitas yang menenangkan selama 15-20 menit sebelum kamu tidur, Ladies.
Bisa dengan melakukan teknik pernapasan dalam, yoga, meditasi, mandi, mendengarkan musik atau suara hujan. Penting juga untuk menghindari pembahasan hal-hal yang membuat stres mendekati waktu tidur, ya.
3. Konsumsi kafein dalam jumlah wajar.
Tidak ada salahnya untuk mengonsumsi kafein di siang hari agar kamu lebih terjaga dan bertenaga. Tapi jika kafein sangat berpengaruh pada tubuhmu, ada baiknya untuk tidak mengonsumsinya menjelang malam. Masih dikutip dari Sleep Foundation, konsumsi kafein di malam hari akan meningkatkan adrenalin yang akhirnya membuatmu sulit untuk tidur.