Jakarta, ERANASIONAL.COM – Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang juga Putra Bungsu Presiden Jokowi Kaesang Pangarep hingga kini keberadaannya tidak diketahui.

Keberadaan Kaesang menjadi sorotak sejak unggahan soal jet pribadi dan gaya hidup sang istri di Amerika Serikat, Erina Gudono.

Unggahan yang bikin ramai itu, bertepatan dengan demonstrasi para mahasiswa dan masyarakat sipil terhadap rencana DPR mengesahkan UU Pilkada dengan cara merevisi putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Sekjen PSI Raja Juli Antoni sempat memastikan Kaesang hadir di Tanah Air pada 28 Agustus, saat Koalisi Indonesia Maju (KIM) mendaftarkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta.

“Mas Kaesang juga akan ikut mengantarkan Kang Emil dan Pak Suswono mendaftar di KPUD DKI Jakarta,” kata Raja Juli Antoni saat jumpa pers di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Minggu 25 Agustus 2024 lalu.

Namun hingga pendaftaran usai, Kaesang justru tidak tampak.

Sementara para politikus PSI lain kompak bungkam atas keberadaan ketua umum mereka. Hanya Grace Natalie yang menjawab singkat.

“Enggak tahu,” ujar Grace, Senin 2 September 2024.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yang sedang mempersiapkan surat undangan bagi Kaesang juga tidak tahu keberadaan Kaesang.