Jakarta, ERANASIONAL.COM – Dalam kunjungannya ke Indonesia, pemimpin tertinggi Gereja Katolik dunia, Paus Fransiskus dijadwalkan akan bertemu dengan Prabowo Subianto.

Hal itu disampaikan Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas.

“Nanti akan ada pertemuan dengan Presiden terpilih (Prabowo) dalam satu pertemuan,” kata Yaqut di Tangerang, Banten, Selasa 3 September 2024, dikutip dari Kompas TV.

Namun Yaqut tidak menjelaskan secara rinci agenda pertemuanPaus Fransiskus dengan Prabowo.

“Nanti ditanyakan teknisnya ke protokol negara,” jelasnya.

“Saya memang lihat rundown-nya, tapi saya tidak hafal, tapi memang ada pertemuan dengan presiden terpilih,”tambahnya.

Diketahui Paus Fransiskus mengadakan perjalanan apostolik ke Indonesia mulai 3 September hingga 6 September 2024.

Paus Fransiskus tiba di Indonesia pada siang tadi, sekitar pukul 11.35 WIB.

Meski tiba hari ini, pemimpin umat Katolik dunia itu baru akan menjalani serangkaian kegiatan mulai besok, Rabu 4 September 2024 hingga Kamis 5 September 2024 lusa.

Adapun agenda besok, Paus Fransiskus dijadwalkan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta sekitar pukul 10.00 WIB.

Setelah bertemu Jokowi, Paus yang bernama asli Jorge Mario Bergoglio itu, akan bertemu para pejabat pemerintahan, korps diplomatik, tokoh-tokoh masyarakat, dan masyarakat sipil di Aula Istana Negara.

Selanjutnya pukul 11.30 WIB, Paus dijadwalkan akan melakukan pertemuan pribadi dengan anggota Serikat Jesuit di Apostolic Nunciantura Kantor Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta.

Pada pukul 16.30 WIB, mantan Uskup Agung Buenos Aires itu dijadwalkan bertemu para uskup, imam, diakon, biarawan, biarawati, seminaris, dan katekis di Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga Jakarta.

Selanjutnya, pada pukul 17.35 WIB kaum muda dari Scholas Occurantes berkesempatan berjumpa Paus Fransiskus di Youth Center Graha Pemuda Senayan. []