Jakarta, ERANASIONAL.COM – Pemimpin Negara Vatikan sekaligus pemimpin Gereja Katolik sedunia, Paus Fransiskus, menilai Indonesia merupakan negara luar biasa yang saling menghormati antarsuku.

Pernyataan itu disampaikan Paus Fransiskus dalam sambutannya saat bertemu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Rabu 4 September 2024.

Dikutip dari YouTube Kompas TV, Paus menyampaikan sambutannya dalam Bahasa Italia, namun terdapat terjemahan dalam Bahasa Indonesia di layar tayangan.

“Indonesia adalah negara luar biasa untuk perbedaan yang bisa menyatu sebagai satu bangsa. Di sini semua suku saling menghormati,” ujar Paus Fransiskus, Rabu 4 September 2024.

“Kita harus memperhatikan keseimbangan perbedaan kebudayaan dan ideologi. Kita harus selalu membela perbedaan karena merupakan karya artisanal,” tambahnya.

Menrut Paus, seorang bijaksana pernah mengatakan politik adalah kebebasan yang utama.

“Kita harus melawan ekstremisme dan intoleransi, yang atas nama agama berusaha menggunakan kekerasan untuk mengambil kekuasaan. Gereja Katolik ingin mencapai perdamaian dan menghormati semua agama,”jelas Paus.

Saat ini, kata dia, kita melihat hambatan besar untuk mencapai perdamaian, termasuk adanya kekerasan akibat tidak menghormati perbedaan.

“Ini menyebabkan perang dan kekerasan. Banyak sekali konteks di mana tidak ada usaha untuk mencapai keadilan. Untuk mencapai kehidupan tanpa kekerasan dan kebebasan,” tuturnya.

Di Indonesia, lanjut dia, banyak terdapat orang muda. Hal itu berbeda dengan pasangan di tempat lain yang mungkin lebih suka memelihara kucing atau anjing daripada memiliki anak.