Jakarta, ERANASIONAL.COM – Pemimpin Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus menyampaikan pesan khusus kepada umat di Indonesia untuk jangan lelah bermimpi.

Pesan itu disampaikan Paus Fransiskus saat memberikan khotbah dalam Misa Kudus di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Kamis 5 September 2024 petang.

“Saudara dan saudari, saya juga hendak berkata kepada Anda, kepada bangsa ini, kepada nusantara yang mengagumkan dan beranekaragam ini: janganlah lelah berlayar dan menebarkan jalamu, janganlah lelah bermimpi dan membangun lagi sebuah peradaban perdamaian!,” kata Paus.

Ia mengajak seluruh umat untuk selalu berani menerbakan kebaikan terhadap sesama.

“Beranilah selalu untuk mengimpikan persaudaraan,” ucap Paus Fransiskus

Paus Fransiskus juga mendorong umat untuk selalu menaburkan kasih, dengan penuh keyakinan menempuh jalan dialog.

“Dengan dibimbing oleh sabda Tuhan, saya mendorong Anda semua untuk menaburkan kasih, dengan penuh keyakinan menempuh jalan dialog,” pesannya.

“Terus memperlihatkan kebaikan budi dan hati dengan senyum khas yang membedakan Anda untuk menjadi pembangun persatuan dan perdamaian,”sambungnya.

Paus Fransiskus mengharapkan umat akan menyebarkan aroma harapan kepada sesama manusia.

“Ini adalah keinginan yang diungkapkan baru-baru ini oleh Uskup-Uskup Indonesia dan saya juga ingin untuk melibatkan seluruh umat Indonesia: berjalanlah bersama untuk kebaikan Gereja dan masyarakat! Jadilah pembangun harapan, pengharapan Injil, yang tidak mengecewakan (bdk. Rm 5:5) melainkan membuka kita menuju suka cita tanpa akhir,”tutur Paus Fransiskus.

Sebagai informasi, Misa Kudus bersama Paus Fransiskus di GBK dihadiri puluhan ribu umat Katolik.

Misa Kudus ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan apostolik Paus Fransiskus di Indonesia mulai 3-6 September 2024. []