Arab Saudi, ERANASIONAL.COM – Ditahan imbang Timnas Indonesia, Pelatih Arab Saudi Roberto Mancini menyoroti buruknya penyelesaian akhir menyebabkan timnya kalah lawan Timnas Indonesia.

Hal itu disampaikan Mancini dalam konferensi pers usai pertandingan, Jumat 6 September 2024 dini hari WIB.

“Kami memiliki masalah dalam memanfaatkan peluang, yang jelas-jelas kami hadapi dalam beberapa pertandingan terakhir. Namun, kami tidak hanya menggunakan hasil sebagai tolok ukur performa kami,” ujar Mancini dikutip dari Arriyadiyah.

Statistik pertandingan menunjukkan, Th Green Falcons memiliki 18 kesempatan gol, namun hanya 4 yang tepat sasaran, dan satu yang jadi gol.

Salem Al Dawsari yang menjadi eksekutor penalti juga gagal memanfaatkan peluang itu pada menit ke-79.

Selain penyelesaian akhir, Mancini juga menyoroti soal minimnya para pemain Arab Saudi dapat menit bermain di klub.

“Para pemain tim nasional Saudi harus berpartisipasi sebagai pemain inti bersama klub mereka. Saya memiliki 20 pemain yang duduk di bangku cadangan dalam pertandingan lokal, dan tidak ada solusi untuk dilema ini. Kami hanya perlu mengintensifkan kerja sama dengan mereka,” jelas Mancini.

Timnas Indonesia yang tampil bagus pada babak pertama unggul lebih dulu lewat gol Ragnar Oratmangoen pada menit ke-19.

Gol itu bermula dari umpan tarik Witan Sulaeman dari sisi kanan kepada Ragnar.

Ragnar menguasai bola dengan baik kemudian melepaskan tembakan kaki kiri.

Bola tendangan Ragnar mengenai Sandy Walsh yang bergerak dari belakang. Akan tetapi gol itu sah milik Ragnar.

Menjelang babak pertama usai, Indonesia kecolongan gol Arab Saudi yang menyamakan kedudukan jadi 1-1 pada menit ke-45+3.

Musab Al Juwayr melepaskan tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti, namun membentur Calvin Verdonk sehingga mengubah arah bola dan mengecoh kiper Maarten Paes.

Arab Saudi mendapatkan penalti pada menit ke-77. Tetapi kapten Salem Al Dawsari yang menjadi algojo gagal cetak gol setelah ditepis Maarten Paes. Indonesia imbangi Arab Saudi 1-1.

Raihan satu poin tersebut cukup bagi Indonesia untuk tidak berada di papan bawah klasemen Grup C babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Indonesia menempati peringkat keempat klasemen Grup C di bawah Jepang, Bahrain, dan Arab Saudi.

Arab Saudi gagal memanfaatkan pertandingan kandang di Stadion King Abdullah Sports City lantaran hanya membawa pulang satu poin menghadapi tim paling lemah di Grup C, Indonesia. []