Jakarta, ERANASIONAL.COM – Jeruk salah satu buah dengan kandungan vitamin c yang tinggi. Itu membuat jeruk pas untuk menjaga kesehatan, mulai dari mencegah flu, hingga mencegah sariawan. Jeruk juga bisa ditemukan dengan mudah di pasaran. Harganya juga cukup terjangkau, sehingga bisa dikonsumsi setiap hari.

Tidak Termasuk Jeruk Meski punya banyak manfaat, mengonsumsi jeruk ternyata harus memperhatikan waktunya. Dilansir dari Kompas.com (23/12/2024), ternyata jeruk kurang bagus apabila dikonsumsi malam hari.

Alasan jeruk jangan dikonsumsi pada malam hari adalah terkait dengan tingkat keasaman buah ini. Tingkat keasaman (pH) jeruk adalah antara 3,3 sampai 4,2. Padahal, pH yang lebih rendah daripada 4, berpotensi mengikis organ pencernaan.

Oleh karena itu apabila mengonsumsi jeruk pada malam hari, maka berpotensi menimbulkan rasa tidak nyaman di pencernaan. Efek buruk ini terutama akan dirasakan mereka yang sudah menderita asam lambung dan gangguan pencernaan lainnya.

Tak hanya organ pencernaan, lapisan pelindung gigi atau email juga bisa terkikis oleh keasaman jeruk. Mengonsumsi jeruk paling pas dilakukan saat makan, ketika mulut memproduksi lebih banyak air liur yang bisa menetralkan keasaman jeruk.

Selain itu, minum air putih usai makan jeruk juga bisa membantu mengurangi kadar keasaman jeruk dalam saluran pencernaan.