Jakarta, ERANASIONAL.COM – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno buka suara soal rencana Anies Baswedan dirikan partai baru.

Menurut politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut, dirinya pernah berdiskusi dengan Anies untuk membuat partai.

“Menarik rencana Anies buat partai, karena waktu kami sempat bermitra didukung partai Gerindra dan PKS saat itu kita pernah berdiskusi tentang mendirikan partai,” kata Sandiaga di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat 6 September 2024.

Sandiaga Uno mengaku menghargai jika Anies berencana mendirikan partai baru.

Menurutnya, Anies hendak berkontribusi dengan menggunakan partai sebagai wadah gerakan.

“Pak Anies mau mendirikan partai, ya kita doakan sukses bisa memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa dan negara,” kata Sandiaga.

Dalam kesempatan itu, ia mengatakan dirinya memercayai bahwa berpolitik itu harus berpartai.

Maka dari itu, Sandi memutuskan untuk masuk partai usai meninggalkan dunia usaha.

“Ini saya waktu meninggalkan dunia usaha, saya masuk partai dan saya bersama Gerindra, sekarang bergabung ke PPP karena saya meyakini jika kita ada di ranah perpolitikan nasional, ya kita harus berpartai,” jelasnya.

Sebelumnya, Anies menyebut dirinya membuka peluang untuk membentuk sebuah parpol atau ormas baru di Indonesia.

Menurut dia, untuk mengubah semangat perubahan menjadi sebuah kekuatan, diperlukan gerakan. Salah satunya dengan cara membentuk parpol atau ormas.

“Bila untuk mengumpulkan semua semangat perubahan yang sekarang makin hari makin terasa besar dan itu menjadi sebuah kekuatan, diperlukan menjadi gerakan, maka membangun ormas atau membangun partai baru mungkin itu jalan yang akan kami tempuh,” kata Anies, Jumat 30 Agustus 2024 lalu.

Namun Anies harus menggandeng pengusaha-pengusaha besar karena mendirikan partai baru butuh dana tak sedikit. []