Jakarta, ERANASIONAL.COM – Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) diisukan kembali menjabat menteri di pemerintahan Prabowo-Gibran.

merespons isu tersebut, AHY tidak menyampaikan jawaban tegas mengenai posisi menteri, tetapi mengaku sudah berkomunikasi dengan Prabowo.

AHY mengaku sudah berkomunikasi dengan Prabowo di sela peringatan HUT ke-23 Partai Demokrat di kantor partai tersebut di Jakarta, Senin 9 September 2024.

“Sudah komunikasi dengan Prabowo. Komunikasi kami berjalan dengan baik, reguler, walaupun tidak setiap saat tentunya. Yang jelas dalam berbagai kesempatan kami berdialog,” kata AHY saat ditanya wartawan mengenai posisinya di kabinet kelak.

Anak mantan presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini enggan membicarakan apapun mengenai kemungkinan posisi yang dijabatnya.

AHY sebatas menegaskan penyusunan kabinet adalah hak prerogatif Prabowo.

AHY mengaku siap ditugaskan dan ditempatkan di manapun oleh pemerintahan Prabowo-Gibran yang akan mengambil alih kekuasaan pada 20 Oktober mendatang.

“Saya benar-benar menghormati, Partai Demokrat menghormati hak prerogratif dari Bapak Presiden Terpilih, Bapak Prabowo Subianto, yang tentunya sampai dengan saat ini saya tahu beliau masih sangat serius untuk menyusun langkah-langkah strategis ke depan, termasuk penyusunan kabinet,” kata AHY dikutip Antara.

“Pembantu beliau tentunya diharapkan bisa benar-benar memberikan dukungan penuh, memberikan nilai tambah, Demokrat ingin menjadi bagian dari itu semua,” tambahnya.

Seperti diketahui, AHY belum lama ini diajak bergabung ke Kabinet Indonesia Maju Joko Widodo sebagai Menteri ATR/BPN.

Bergabungnya AHY pun menandai masuknya Partai Demokrat ke dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mendukung pemerintahan Jokowi. []