Jakarta, ERANASIONAL.COM – Presiden Jokowi mengapresiasi kerja keras para pemain Timnas Indonesia usai bermain imbang dengan Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Selasa 10 September 2024 malam.

Jokowi menegaskan raihan satu poin lawan Australia patut disyukuri.

Presiden berharap, Timnas Indonesia bisa meraih tiga angka di kemudian hari usai menggondol satu poin masing-masing dari Arab Saudi dan Australia.

“Patut kita syukuri. Alhamdulillah, kita dapat satu poin. Setelah kemarin lawan Arab Saudi satu poin, ini dengan Australia dapat satu poin lagi,” kata Jokowi usai menonton pertandingan Indonesia vs Australia di Stadion GBK, Selasa 10 September 2024 Dikutip dari Breaking News Kompas TV.

“Karena untuk mencapai Piala Dunia 2026 itu paling tidak harus 15 poin. Jadi kita harapkan dengan tabungan satu poin, satu poin, nanti bisa tiga poin. Ini yang kita harapkan,”tambahnya.

Diketahui Timnas Indonesia sendiri menempati peringkat keempat klasemen sementara Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona AFC.

Anak asuh Shin Tae-yong mengumpulkan dua poin dari dua pertandingan, unggul dari Australia (1) dan China (0).

Dua tim teratas Grup C akan lolos secara otomatis ke putaran final Piala Dunia 2026.

Sedangkan tim peringkat ketiga akan masuk ke putaran keempat kualifikasi.

Jokowi pun menyanjung performa Maarten Paes yang berulangkali menggagalkan kesempatan mencetak gol Australia.

Kiper FC Dallas itu tercatat membuat lima penyelamatan sepanjang laga.

Presiden Jokowi menyebut hasil imbang lawan Australia harus diapresiasi, terlebih jika melihat perbedaan peringkat kedua tim di ranking FIFA.

“Saya kira permainan yang luar biasa, dan perjuangan, kerja keras seluruh pemain, terutama kiper (Maarten Paes),” kata Jokowi.

“Australia itu ranking 24 (FIFA), kita 131, lihat di situ, dong. Tim peringkat 131 lawan ranking 24, bisa menahan imbang, dapat satu poin. Itu luar biasa,” pujinya. []