Jakarta, ERANASIONAL.COM – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengaku siap bila ditunjuk kembali menjadi menteri dalam kabinet Prabowo-Giran.

“Kita semua harus siap dan siap untuk menjadi bagian supertim yang akan beliau bentuk lima tahun ke depan,” kata AHY di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, dikutip dari video YouTube Kompas TV, Jumat 13 September 2024.

Menurut AHY, menjalankan pemerintahan di tingkat nasional adalah sebuah amanah.

“Karena bagi kami, menjalankan peran pemerintahan di tingkat nasional merupakan amanah dan juga harus dipertanggungjawabkan dengan sebaik-baiknya,” jelasnya.

Kata AHY, partainya sudah berjuang memenangkan Prabowo dalam gelaran Pilpres 2024 lalu.

Oleh sebab itu, ia meminta seluruh kader Demokrat harus siap bila nantinya diminta Prabowo untuk menjadi pembantu dalam menjalani roda pemerintahan.

“Demokrat menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perjuangan dan kemenangan Pak Prabowo dalam Pilpres 2024. Sehingga, kami tentunya berharap menjadi bagian juga dalam mengawal pemerintahan ke depan,”ucapnya.

“Ini juga yang diharapkan dan ditugaskan kepada kami, keluarga besar Partai Demokrat, termasuk saya sendiri, tentu harus siap menjalankan tugas apa pun yang diberikan oleh Pak Prabowo,” sambungnya.

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut pembahasan komposisi kabinet pemerintahan Presiden-Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, masih terus berlangsung.

Dasco memprediksi penyusunan jajaran pembantu presiden itu akan selesai jelang pelantikan Prabowo-Gibran pada 20 Oktober 2024.

“Masih terus pembahasan dan akan finalisasi, mungkin ya tujuh hari sebelum pelantikan baru final,” kata Dasco di gedung DPR, Jakarta, Kamis 12 September 2024.