Bogor, ERANASIONAL.COM – Bertepatan dengan libur Maulid Nabi Muhammad pada Senin (16/9/2024), jumlah kendaraan di Jalan Raya Puncak Bogor, Jawa Barat mengalami peningkatan, Minggu (15/9/2024).

Polisi mengungkapkan sejak pukul 08.30 WIB volume kendaraan yang melintas ke kawasan wisata Puncak cukup tinggi.

“Kami sudah prediksi dari hari kemarin untuk situasi arus lalu lintas semenjak pagi tadi pukul 06.00 Wib itu pantau dari layar CCTV secara visual memang peningkatan arusnya sudah cukup tinggi dateng dari sekitar arah Jakarta,” kata KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian, dikutip dari Kumparan, Minggu (15/9/2024).

Dari data yang di catat oleh Satlantas Polres Bogor, sekitar 2.400 kendaraan melintas di Jalan Raya Puncak.

“Sehingga kami dari mulai pukul 06.00 Wib sudah melaksanakan penerapan sistem ganjil genap,”ucapnya.

Polisi juga membuka jalur Contra flow dari exit tol Ciawi sampai dengan KM 46. Polisi juga meaksanakan rekayasa one way keatas atau dari Jakarta menuju Puncak itu mulai pukul 07.15 Wib.

“Memang sampai dengan pukul 08.00 Wib arus kendaraan yang sudah masuk ke wilayah Puncak itu sudah mencapai 18.200. Kemudian arus yang turun memang tadi tercatat sudah 11.000 kendaraan baik itu roda dua roda empat maupun roda enam maka,” jelas dia.

“Datanya akan terus kami himpun, apabila memang sudah mulai berkurang maka nanti kurang lebih di pukul 12.30 atau 13.00 WIB, arus yang ke atas akan kami tutup,” sambungnya.

Lebih lanjut kata Iptu Ardian, Puncak arus long weekend sendiri terjadi pada hari ini. Pihaknya akan terus berupaya untuk mengatur arus lalu lintas di titik-titik kemacetan.

“Saya prediksi kemarin untuk pertemuan antara arus yang akan menuju ke Puncak maupun sebaliknya terjadi di hari Minggu, sehingga kami akan terus berupaya untuk memperlancar arus di masing-masing titik hambat sampai dengan nanti sore ataupun malam,” pungkas dia.