Jakarta, ERANASIONAL.COM – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri melaksanakan sejumlah kegiatan di Rusia mulai Sabtu 14 September 2024.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan, Megawati dijadwalkan tiba di St Petersburg, Rusia, pada Sabtu 14 September 2024 malam waktu setempat.

Megawati disebut akan mengikuti sejumlah pertemuan dan menyampaikan kuliah umum.

Sehari setelah tiba, Megawati dijadwal akan melakukan agenda di kampus St. Petersburg State University.

“Ibu Megawati akan menggelar pertemuan dan ramah tamah dengan Rektor Universitas St. Petersburg Prof. Nikolay Kropachev, lalu menyampaikan kuliah umum di kampus tersebut,” kata Hasto melalui keterangan tertulisnya, Minggu 15 September 2024.

Berselang sehari kemudian, Megawati akan menghadiri jamuan makan siang oleh Gubernur St. Petersburg di Balai Kota.

Selanjutnya, kata Hasto, Megawati akan menjadi Keynote Speech di Forum Rektor Universitas se-Rusia.

Megawati juga akan menghadiri peletakan bunga di Piskarevsky Memorial Cemetery, yang merupakan kenangan atas peristiwa Pengepungan Leningrad.

“Seperti pemulihan Masjid Biru di St.Petersburg dan penemuan makam Imam Besar Al Bukhari, di Samarkand, Uzbeskistan, yang saat itu masih menjadi bagian dari Uni Soviet,” jelas Hasto.

“Presiden Putin juga memiliki kedekatan dengan Ibu Megawati saat menjabat sebagai Presiden RI,” tambah Hasto.

Hasto melanjutkan usai dari Rusia, Megawati akan melanjutkan perjalanan ke Uzbekistan untuk ziarah ke makam Imam Al Bukhori di Samarkand, dan menerima gelar doktor kehormatan.

“Rencananya penganugerahan gelar doktor kehormatan (Dr.H.C.) dari Silk Road University, Samarkand, pada Sabtu, 21 September 2024,” pungkas Hasto. []