Bandung, ERANASIONAL.COM – Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan bantuan bagi korban terdampak gempa bumi di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Selain mendirikan tenda pengungsian dan dapur umum, Kementerian Sosial melalui Sentra Abiyoso Cimahi juga memberikan bantuan makanan dan logistik bagi penyintas gempa.

“Bantuan mulai disalurkan sejak Rabu sore,” kata Ema Salwa, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Sentra Abiyoso, dikutip dari Kumparan, Kamis (19/9/2024).

Gempa bumi berkekuatan 5,0 dengan kedalaman 10 kilometer terjadi Rabu (18/9/2024) sekitar pukul 09.41 WIB di Kabupaten Bandung.

Meskipun kekuatan gempa tidak besar, gempa dangkal tersebut menyebabkan 23 orang luka-luka dan 1.123 orang mengungsi. Selain itu, gempa juga menyebabkan 3.982 unit rumah serta 132 fasilitas umum dan tempat ibadah terdampak di empat kecamatan yakni Kecamatan Pacet, Majalaya, Kertasari dan Kecamatan Pangalengan.

Kemensos melalui Sentra Abiyoso di Cimahi dan Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) melakukan respons tanggap darurat dan penyaluran bantuan kepada penyintas gempa.