Jakarta, ERANASIONAL.COM – Pemerintah akan membangun jalur kereta cepat dari Jakarta ke Surabaya.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menegaskan perlunya investasi yang tidak murah untuk menggarap proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya.

Dari 3 opsi jalur yang potensial, masing-masing perlu dikaji lebih lanjut dari segi anggaran yang dikeluarkan.

Menhub telah mengkaji perlintasan yang berpotensi menjadi rute Kereta Cepat Jakarta – Surabaya.

Rencananya, perlintasan kereta cepat akan dibangun di atas atau di sisi Jalan tol Trans Jawa.

Adapun opsi lainnya yakni terintegrasi dengan jalur Kereta Api eksisting.

“Mungkin kita akan menggunakan jalur kereta api atau jalan tol sebagai jalur Jakarta-Surabaya, sehingga tidak terlalu banyak dana untuk pembebasan lahan,” ujar Menhub dikutip dari Okezone, Senin 23 September 2024.

Menhub menyebut jalur tengah, utara, dan selatan sebagai 3 opsi jalur Kereta Cepat Jakarta – Surabaya.

Terkait dengan dana yang dikeluarkan, Menhub menyebut jalur selatan memiliki beban konstruksi yang lebih besar lantaran jalur tersebut mayoritas perbukitan.

“Investasi kereta cepat ini tidak murah, tetapi di China, sebenarnya yang membiayai adalah Pemerintah, saya yakin apabila ada satu goodwil untuk melanjutkan, itu jadi,” ujar Menhub.

Hal ini ditegaskan oleh Menhub mengingat proyek tersebut akan digarap bersama antara Pemerintah sebagai pemrakarsa proyek, dengan investasi dari badan usaha yang mempertimbangkan imbal hasil.

“Saya berharap ada pemikiran yang berimbang antara pemanfaatan dengan bagaimana penganggaran, kita harapkan bahwa ini menjadi KPBU, swasta itu asing, sehingga fiskal yang banyak itu bisa ditanggung bersama dengan kita, kalau kita berhasil melakukan itu pasti banyak pertumbuhan yang baik,” tutup Menhub. []