Jakarta, ERANASIONAL.COM – Pemerintah Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan menarik utang baru Rp 775,9 triliun.

Mayoritas utang nantinya bersumber dari penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) dan naik dari target pada 2024 senilai Rp 648,1 triliun.

Direktur Strategi dan Portofolio Pembiayaan, Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kemenkeu, Riko Amir menyatakan, utang yang besar tersebut tidak serta merta memberatkan kelas menengah.

“Jadi kalau utang kan yang membiayai bukan kita secara langsung, kelas menengah tidak diambil uangnya untuk bayar utang, tapi dari revenue yang dihasilkan dari produk domestik bruto kita,” ungkap Riko dalam media gathering APBN 2025 di Anyer, dikutip dari Okezone, Jumat 27 September 2024.

“Jadi kalau dibilang utang memberatkan kelas menengah, mungkin relavansinya perlu kita dudukkan lagi,” tambahnya.

Menurut Riko, Rp775 triliun dengan penerbitan SBN itu sebesar Rp 642,5 triliun, dan penarikan pinjaman itu sebesar Rp 133 triliun.

Riko menyoroti fenomena yang menarik adalah pinjaman yang besar, baik dari pinjaman dalam negeri dan pinjaman luar negeri dibandingkan APBN 2024 secara neto.

Salah satu alasannya karena ini tahun kelima dari periode 2020-2024.

Dalam perencanaan pinjaman dari kementerian lembaga memang biasanya tahun-tahun awal mereka slow starter.