Jakarta, ERANASIONAL.COM – Komisi di DPR RI akan ditambah dua. Hal itu disampaikan Ketua DPR RI, Puan Maharani.

Sehingga, total Komisi DPR periode 2024-2029 berjumlah 13 Komisi.

Hal ini diputuskan dalam rapat pimpinan (Rapim) dalam rangka penetapan jumlah alat kelengkapan dewan (AKD) yang digelar Senin 14 Oktober 2024.

“Hari ini kami baru selesai tadi menyepakati bersama 8 fraksi di DPR bahwa ada penambahan 2 komisi di DPR untuk bisa ikut menyelaraskan atau mensinergikan dengan rencana pemerintah yang akan datang dengan penambahan kementerian-kementerian seperti yang direncanakan oleh pemerintah sehingga memang ada keselarasan dan sinergi antara legislatif dan eksekutif,” kata Puan.

Keputusan itu diambil pada rapat pimpinan (Rapim) dalam rangka penetapan jumlah alat kelengkapan dewan (AKD) yang digelar Senin (14/10/2024).

“Hari ini kami baru selesai tadi menyepakati bersama 8 fraksi di DPR bahwa ada penambahan 2 komisi di DPR untuk bisa ikut menyelaraskan atau mensinergikan dengan rencana pemerintah yang akan datang dengan penambahan kementerian-kementerian seperti yang direncanakan oleh pemerintah sehingga memang ada keselarasan dan sinergi antara legislatif dan eksekutif,” jelas Puan.

Tak hanya Komisi, akan ada penambahan di AKD lainnya. Hal itu dibenarkan oleh Puan saat dikonfirmasi wartawan.

“Akan ada satu penambahan badan yang nantinya bertugas untuk bisa menampung aspirasi masyarakat. Badan Aspirasi Masyarakat,” pungkasnya. []