Jakarta, ERANASIONAL.COM – Ada banyak penyebab sakit kepala di pagi hari yang tidak bisa dianggap enteng, mulai dari kurang tidur, atau terlalu banyak mengonsumsi obat sakit kepala.

Ditulis laman Well and Good, Minggu (13/10/2024), ahli saraf dan spesialis pengobatan sakit kepala di Cedars-Sinai Nolan Perason MD menguraikan penyebab paling umum sakit kepala di pagi hari dan apa yang harus dilakukan.

1. Sleep apnea

Kondisi ini terjadi ketika seseorang sering berhenti bernapas saat tidur, baik karena saluran napasnya tersumbat (alias sleep apnea obstruktif) atau otaknya tidak mengendalikan pernapasan dengan baik (alias central apnea).

“Jika Anda mengalami sakit kepala di pagi hari serta gejala seperti mendengkur, tersedak, atau terengah-engah di malam hari, tidur tidak nyenyak, mengantuk di siang hari, atau kelebihan berat badan, konsultasikan dengan dokter Anda untuk menjalani pemeriksaan dan pengobatan sleep apnea,” kata Dr. Pearson.

Menurut Johns Hopkins Medicine, sleep apnea dapat meningkatkan risiko masalah jantung dan stroke secara serius, jadi jangan abaikan tanda-tandanya.

2. Posisi tidur

“Tidur dalam posisi yang memberi tekanan pada leher Anda, terutama jika Anda memiliki riwayat penyakit tulang belakang leher, dapat memicu sakit kepala tegang atau nyeri muskuloskeletal,” kata Dr. Pearson.

Tidur miring biasanya paling baik untuk menjaga tulang belakang dan leher tetap sejajar.