Makassar, ERANASIONAL.COM – Universitas Hasanuddin (Unhas) meraih juara umum perhelatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-37 tahun 2024.

Atas prestasi tersebut, Unhas dianugerahi penghargaan piala Adikarta Kertawidya yang diserahkan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Ir. Suharti, kepada Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof. Muhammad Ruslin.

Penghargaan diberikan pada malam penutupan dan penganugerahan yang berlangsung di Universitas Airlangga, Surabaya, Jumat, 18 Oktober 2024.

Seusai menerima penghargaan, rombongan Pimnas Unhas tiba di Makassar pada, Sabtu 19 Oktober 2024 malam, dan disambut meriah Rektor Prof Jamaluddin Jompa di Hotel Unhas.

“Ini sejarah! momentum ini menjadi catatan bahwa Unhas bisa membawa piala ini keluar dari pulau Jawa,”ujar Prof JJ penuh semangat saat menyambut rombongan Pimnas di Hotel Unhas, Sabtu 19 Oktober 2024 malam.

Menurut Prof JJ, dengan juaranya Unhas akan menjadi penyemangat bagi Universitas di Indonesia Timur bahwa dengan kerja cerdas, keras, penuh dedikasi, dengan semangat kekompakan seluruh pihak, maka tidak ada istilah sesuatu yang tidak mungkin bagi banyak orang tapi menjadi mungkin bagi Unhas.

“Dari perhitungan di atas meja Unhas tidak mungkin juara, namun ternyata sudah terjadi, inilah yang perlu untuk menjadi penyemangat buat mahasiswa-mahasiswa kita, bahwa tidak ada istilah, kita adalah dari kampung, dari daerah,”jelas Pro JJ

“Ini adalah bertanda bahwa Unhas bisa menjadi contoh yang baik untuk universitas lainnya yang selama ini mungkin selalu merasa bahwa kita hanya pelengkap saja, namun ini kita buktikan menjadi juara,”sambungnya.

Diketahui pada ajang bergengsi ini, Unhas meraih total 19 medali, terdiri dari 9 medali emas, 6 medali perak, dan 4 medali perunggu untuk kategori poster dan presentasi.