Jakarta, ERANASIONAL.COM – Raffi Ahmad baru saja dilantik oleh Presiden RI Prabowo Subianto sebagai Utusan Khusus Pembinaan Generasi Muda dan Pekerja Seni dalam jajaran kabinet Merah Putih, pada Selasa 22 Oktober 2024.

“Empat, Dr (HC) H Raffi Farid Ahmad Utusan Khusus Presiden Bidang Pembinaan Generasi Muda dan Pekerja Seni,” ucap Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kemensetneg Nanik Purwanti saat membacakan daftar nama para utusan khusus yang dilantik hari ini, Selasa 22 Oktober 2024.

Prabowo kemudian memimpin pengambilan sumpah janji yang diikuti oleh Raffi Ahmad dan beberapa tokoh lainnya yang diangkat sebagai utusan khusus dan staf khusus hari ini.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” tutur Prabowo yang diikuti oleh para penasihat, staf, hingga utusan khusus Presiden.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” lanjut Prabowo.

Siapa sih sosok Raffi Ahmad yang baru saja bergabung ke pemerintahan Prabowo-Gibran?

Ini rekam jejak pendidikan Raffi Ahmad:

Nama: Raffi Farid Ahmad
Tanggal lahir: 17 Februari 1987
Tempat lahir: Bandung, Jawa Barat
Zodiak: Aquarius
Istri: Nagita Slavina
Anak: 2
Instagram: raffinagita1717
TikTok: @raffi_nagita
Youtube: RansEntertainment

Profil Raffi Ahmad:

Rafi Ahmad merupakan anak sulung dari pasangan Munawar Ahmad dan Amy Qanita.

Raffi memiliki dua orang adik perempuan, yakni Nisya Ahmad dan Syahnaz Sadiqah, yang juga berkarier di dunia hiburan.

Raffi memulai karirnya di dunia hiburan pada tahun 2001 sebagai aktor remaja.

Lewat pepatah dalam sinetron seperti ‘Tunjuk Satu Bintang’ dan ‘Senandung Masa Puber,’ namanya mulai dikenal masyarakat.

Kepopulerannya semakin meningkat ketika ia menjadi pembawa acara di beberapa program televisi terkenal.

Tak hanya sukses sebagai aktor sinetron dan presenter, Raffi juga menjajal dunia perfilman.

Beberapa film yang ia bintangi antara lain ‘Love is Cinta’ (2007), ‘Me vs Mami’ (2016), dan ‘Rafathar: The Movie’ (2017).

Riwayat Pendidikan Raffi Ahmad:

Sekolah Dasar (SD): SD Taruna Bakti, Bandung, Jawa Barat

Sekolah Menengah Pertama (SMP): SMP Negeri 5 Bandung.

Sekolah Menengah Atas (SMA): SMA Negeri 3 Jakarta, namun ia pindah di SMA Negeri 16 Jakarta.

Kuliah: Universitas Paramadina dan Universitas Terbuka.

Baru-baru ini, ia dianugerahi gelar Honoris Causa oleh Universal Institute of Professional Management (UIPM) atas kontribusinya di dunia hiburan.

Hal ini membuat nama Raffi menjadi Dr. (HC.) H. Raffi Farid Ahmad.

Tugas yang Dikerjakan Utusan Khusus Presiden

Tugas Utusan Khusus Presiden diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 137 Tahun 2024 tentang Penasihat Khusus Presiden, Utusan Khusus Presiden, Staf Khusus Presiden, dan Staf Khusus Wakil Presiden.

Peraturan tersebut ditandatangani oleh Presiden Jokowi pada tanggal 18 Oktober 2024, saat itu masih bertahan.
Perpres ini mengatur keberadaan Penasihat Khusus Presiden, Utusan Khusus Presiden, serta Staf Khusus Presiden dan Staf Khusus Wakil Presiden.

Penasihat Khusus dan Utusan Khusus Presiden dibentuk untuk mendukung kelancaran tugas Presiden, dengan tugas-tugas tertentu yang diberikan oleh Presiden di luar yang telah diatur dalam struktur kementerian atau instansi pemerintah lainnya. []