Muradi mengingatkan Presiden Jokowi akan azas keadilan. Ini untuk menjaga soliditas internal TNI. Dengan kata lain, tidak ada matahari kembar.

Dia juga menyinggung soal jargon poros Maritim yang digaungkan Presiden Jokowi. Menjadi anomali jika selama Jokowi menjabat presiden, belum pernah Kepala Staf Angkatan Laut menjadi panglima TNI untuk mendukung visi poros maritim yang digaungkan Presiden.

Sejak Jokowi dilantik menjadi Presiden pada 2014, sudah tiga kali jabatan Panglima TNI berganti. Namun, tak sekalipun dalam periode tersebut, matra angkatan Laut menjabat Panglima TNI.

“Maksud saya memang harus adil memberikan kesempatan kepada angkatan lain supaya bergilir,” kata Muradi.

Kalau pandangan Muradi menjadi acuan, artinya jabatan Panglima diserahkan kepada Angkatan Laut, maka peluang Andika menjadi orang nomor satu di TNI pupus sudah. Sebab Andika tahun depan juga akan memasuki masa pensiun.

Sesuai pasal 53 UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, menyatakan, prajurit melaksanakan dinas keprajuritan sampai usia paling tinggi 58 tahun bagi perwira, dan 53 tahun bagi bintara dan tamtama.

Andika kelahiran 21 Desember 1964. Andika Perkasa hanya punya waktu satu tahun menjadi orang nomor satu di baret loreng hijau karena pensiun tahun 2022. Sementara Yudo satu tahun lebih muda yakni kelahiran 26 November 1965. Fadjar Prasetyo paling muda, yakni kelahiran 9 April 1966. sedangkan Kasal dan Kasau akan pensiun 2023.