Politisi gerinda, Fadli Zon

Jakarta, ERANASIONAL.COM | Politisi Partai Gerindra Fadli Zon ikut mengkritik usul Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri soal pembangunan patung Soekarno di semua daerah.

Menurutnya, Soekarno sebagai tokoh proklamator memang harus dihargai. Hanya saja, selain Soekarno juga ada Muhammad Hatta sebagai proklamator.

“Sekali lagi, kita hormati Bung Karno sebagai Proklamator, itupun bersama Bung Hatta. Posisi tak tergantikan,” kata Fadli Zon di akun Twitternya, Jumat malam (29/10/2021).

Bawahan Prabowo Subianto itu menjelaskan pahlawan kemerdekaan bukan saja Soekarno. Di setiap daerah bahkan ada pejuang lain yang juga harus dihargai.

Karena itu, menurut anggota DPR RI ini pembangunan patung Soekarno di semua daerah tak perlu dilakukan.

“Tapi perjuangan kemerdekaan bukan milik Soekarno sendiri. Banyak pejuang lain dan pahlawan di daerah atau pahlawan tak dikenal. Tak perlu mendirikan patungan Soekarno di semua daerah,” pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Kelima Indonesia Megawati Soekarnoputri berharap patung Sukarno dibangun di seluruh daerah. Kata Mega, Soekarno telah mewariskan banyak pemikiran dan ideologi untuk bangsa Indonesia.

“Jadi, kalau memungkinkan, maka tentunya tidak perlu terburu-buru, karena kita sifatnya gotong royong, bikin lah di setiap daerah yang namanya patung beliau (Bung Karno),” ujar Mega dalam acara Peresmian dan Penandatanganan Prasasti Taman UMKM Bung Karno dan 16 Kantor Partai yang digelar secara virtual, Kamis (28/10/2021).