Eranasional.com – SpaceX tengah membangun landasan peluncuran roket terbaru sebagai bagian dari rencana perjalanan ke Mars dan Bulan pada bulan Januari atau Februari mendatang.

Pembangun landasan tersebut berlokasi di Launch Complex 39A, Florida yang termasuk bagian dari Pusat Penelitian Antariksa Kennedy milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Elon Musk sendiri sudah mengumumkan kabar pembangunan landasan tersebut melalui akun Twitter pribadinya.

“Pembangunan landasan peluncuran orbital Starship di Cape telah dimulai” ujar Musk.

Musk juga menyampaikan 39A adalah tempat penerbangan luar angkasa yang suci. Menurutnya tidak ada tempat yang lebih layak untuk landasan peluncuran Starship.

“Kami akan memiliki sistem dan menara darat yang serupa, tetapi ditingkatkan ke Starbase,” ujar Musk.

Dikutip dari Republic World, SpaceX juga telah menggunakan komplek peluncuran roket di Kennedy Center pada tahun 2019 lalu untuk landasan Starship, tetapi tidak ada pekerjaan konstruksi lain yang telah dilakukan sejak saat itu. Kini, proses manufaktur dan pengujian kapal luar angkasa Starship berpusat di Starbase, yakni fasilitas milik SpaceX yang berlokasi di Texas Selatan.

Tempat tersebut telah menjadi basis uji coba prototype roket dan kapal luar angkasa selama beberapa tahun terakhir ini dengan catatan peluncuran tertinggi hanya mencapai 12,5 kilometer.

Musk juga menyampaikan bahwa SpaceX juga berencana untuk meluncurkan roket luar angkasa lagi tepatnya di Starbase pada Januari atau Februari mendatang.

SpaceX juga telah menandatangani perjanjian sewa 20 tahun dengan NASA yang memungkinkan perusahaan menggunakan Pad 39A yang dilakukan pada tahun 2014 silam.

SpaceX sendiri juga telah meluncurkan roket Falcon 9 dan Falcon Heavy dari fasilitas peluncuran tersebut. Namun, SpaceX menyebut bahwa Starship masih membutuhkan beberapa infrastruktur baru.