Eranasional.com – Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyebut Presiden Rusia Vladimir Putin telah salah perhitungan dengan menginvasi Ukraina. Seperti dilaporkan CNN, pada Selasa (1/3/2022), dia menyatakan kebebasan akan selalu menang melawan tirani saat mengecam situasi perang Ukraina yang dilanda invasi Rusia.

Pernyataan itu disampaikan Biden saat berpidato di depan Kongres AS pada Selasa (1/3/2022). Pada saat itu, Biden juga mengonfirmasi AS telah menutup wilayah udara untuk pesawat Rusia.

“Enam hari yang lalu, Vladimir Putin dari Rusia berusaha untuk menggoyahkan dasar-dasar dunia bebas, berpikir bahwa dia dapat membuatnya tunduk pada cara-caranya yang mengancam. Tapi dia salah perhitungan,” kata Biden.

“Dia pikir dia bisa berguling ke Ukraina, dan dunia akan berguling. Sebaliknya, dia bertemu dengan tembok kekuatan yang tidak pernah dia antisipasi atau bayangkan: dia berhadapan dengan orang-orang Ukraina,” ujarnya.

Pujian Biden terhadap rakyat Ukraina disambut dengan tepuk tangan meriah di ruang DPR.

Joe Biden merayakan koalisi AS dan sekutunya karena menjatuhkan sanksi berat terhadap ekonomi Rusia dan Vladimir Putin secara khusus. Dia mengatakan pemimpin Rusia itu “terisolasi dari dunia lebih dari sebelumnya”.

Presiden AS juga menyampaikan teguran keras kepada oligarki Rusia, dengan mengatakan Barat “datang untuk keuntungan Anda yang tidak baik”.

“Dan malam ini, saya mengumumkan bahwa kami akan bergabung dengan sekutu kami dalam menutup wilayah udara Amerika untuk semua penerbangan Rusia, semakin mengisolasi Rusia dan menambahkan tekanan tambahan pada ekonomi,” kata Biden, seraya membenarkan laporan sebelumnya tentang rencana pemerintahannya.

Biden mengomentari kondisi Putin, “Dia tidak tahu apa yang akan terjadi.”