Eranasional.com – Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan bahwa dia telah berbicara dengan CEO SpaceX Elon Musk dan mengumumkan negaranya akan menerima lebih banyak terminal internet satelit Starlink pada minggu ini.

“Berbicara dengan @elonmusk,” tulis Zelensky di Twitter dilansir BBC, Minggu, 6 Maret 2022.

“Saya berterima kasih kepadanya karena mendukung Ukraina dengan kata-kata dan perbuatan. Minggu depan kami akan menerima kumpulan sistem Starlink lainnya untuk kota-kota yang hancur. Membahas kemungkinan proyek luar angkasa. Tapi saya akan membicarakan ini setelah perang.”

Starlink menyediakan internet berkecepatan tinggi dari luar angkasa dengan satelit yang terbang di orbit rendah Bumi.

Musk mengatakan pada hari Kamis bahwa sistem itu adalah satu-satunya sistem komunikasi non-Rusia yang masih berfungsi di beberapa bagian Ukraina setelah invasi Rusia.

Sementara itu, dalam pidatonya kepada rakyat Ukraina pada Sabtu malam, Zelensky mendesak warga di wilayah yang diduduki Rusia di negara itu untuk melawan militer Vladimir Putin.

“Orang Ukraina! Di semua kota kita, di mana musuh menyerbu, lakukan serangan. Pergi keluar di jalan-jalan. Kami harus berjuang setiap kali kami memiliki kesempatan,” katanya.(Pantau)