Eranasional.com – Mungkin banyak tau, kalau pesawat terbesar di dunia dan menjadi satu-satunya adalah pesawat Antonov An-225 Mriya.

Pesawat ini merupakan pesawat kebanggan miliki Ukraina, dan menjadi pusat perhatian di dunia penerbangan.

Namun ada kabar buruk dari pesawat ini. Pesawat terbesar di dunia Antonov An-225 Mriya dinyatakan telah rusak tidak dapat diperbaiki.

Sebuah rekaman baru mengkonfirmasi apa yang telah diumumkan oleh pihak berwenang Ukraina beberapa hari sebelumnya.

Sebelumnya, sempat beredar kabar bahwa kemungkinan pesawat itu tidak benar-benar rusak. Spekaluasi ini muncul setelah beredar foto satelit yang menunjukkan bagian ujung pesawat nampak keluar dari hanggar.

Rekaman baru dari TV Negara Rusia di bandara Gostomel, Kyiv Utara menunjukkan pesawat terbesar di dunia, Antonov An-225 Mriya hancur total setelah pertempuran Hostomel untuk mengambil alih bandara.

Media Rusia itu menyebut bahwa kemungkinan tentara Ukraina tidak sengaja menembakinya saat menargetkan truk-truk Rusia.

Pesawat besar yang diberi nama “Mriya” atau “mimpi” dalam bahasa Ukraina itu, diparkir di lapangan terbang dekat Kyiv.

“Rusia mungkin telah menghancurkan ‘Mriya’ kita. Tapi mereka tidak akan pernah bisa menghancurkan impian kita tentang negara Eropa yang kuat, bebas dan demokratis. Kita akan menang!” tulis Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba di Twitter, Senin lalu.

Perusahaan pertahanan negara Ukraina Ukroboronprom, yang mengelola Antonov, pada hari Minggu mengeluarkan pernyataan yang mengatakan pesawat itu telah dihancurkan tetapi akan dibangun kembali dengan biaya dari Rusia.