Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar Siap Maju Jadi Capres 2024. Foto : Humas DPR RI

Eranasional.com – Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar mengatakan dirinya siap maju dan menjadi calon presiden (capres) pada Pemilu 2024 mendatang.

Menurutnya, dirinya mengaku sudah siap maju capres sejak tahun 2019 lalu.

“Kalau ditanya siap, saya sudah siap sejak 2019. Ingat, waktu itu saya punya jargon di PKB Join (Jokowi-Cak Imin). Namun, tahun 2019 diputuskan Join diubah Jokowi Ma’ruf Amin. Kami mendukung pasangan join total dan menang,” kata Muhaimin Iskandar dalam keterangan tertulis.

Hal itu disampaikan Muhaimin Iskandar saat deklarasi dukungan oleh Gerakan Perempuan NU (Nahdlatul Ulama) Malang Raya di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 2 Gondanglegi, Kabupaten Malang pada Jumat, 18 Maret 2022.

Muhaimin Iskandar menegaskan kesiapan itu karena dorongan para kiai, para Gus (gawagis) dan kelompok masyarakat yang membanjiri deklarasi dukungan terhadap dirinya.

Wakil Ketua DPR RI itu mengatakan Jawa Timur merupakan kunci kemenangan PKB dalam konstestasi pilpres terutama keluarga besar Nahdliyin.

“Tahun 2024 bukan hanya kunci kemenangan, tetapi memegang kunci kemenangan untuk Indonesia yang masa datang,” ujar Muhaimin Iskandar.

Muhaimin Iskandar ingin mengakhiri PKB menjadi pelengkap untuk mengantarkan sosok lain menjadi Presiden RI.