Pengibaran bendera merah putih di Istana Negara. (Foto: Ist)

JAKARTA, Eranasional.com – Mulai Selasa malam hingga Rabu petang tanggal 17 Agustus 2022, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengimbau masyarakat agar menghindari kawasan Istana Merdeka dan Istana Negara.

Pasalnya kedua kawasan itu akan dilakukan penutupan jalan selama pelaksanaan upacara peringatan HUT RI ke-77 pada Rabu ini.

“Rencana penutupan jalan di sekitar istana itu Selasa malam hingga Rabu petang. Kami sampaikan tanggal 17 Agustus besok, khususnya di sekitar Istana, kami akan menutup beberapa ruas jalan,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman dikutip dari Antara di Jakarta, Selasa, 16 Agustus 2022.

Latif menuturkan penutupan jalan itu dilakukan untuk mengadakan sterilisasi pengamanan lokasi upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan di Istana Merdeka pada Rabu, 17 Agustus 2022.

Ruas jalan yang ditutup pada Selasa malam hingga Rabu petang, kata dia adalah Jalan Medan Merdeka Barat-Jalan Majapahit serta Jalan Medan Merdeka Timur yang mengarah ke Istana Presiden dan Jalan Veteran.

“Penutupan jalan dimulai pada Selasa malam mulai pukul 21.00 hingga Upacara Penurunan Bendera Merah Putih selesai. Upacara tersebut dijadwalkan Rabu sore pukul 16.00,” sebutnya.

Tahun ini, pihak Istana membuka kuota 4.000 undangan untuk masyarakat umum yang dibagi dalam dua sesi. Sebagian diundang ikut Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan sebagian lagi mengikuti Upacara Penurunan Bendera Merah Putih. Selain undangan itu, Sekretariat Presiden juga membuka kuota bagi 77 ribu peserta untuk mengikuti upacara secara virtual.

Seluruh rangkaian Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih akan digelar dengan kondisi seperti sebelum pandemi Covid-19. Seluruh pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) akan diturunkan, sesuai formasi 17-8-45.

Kirab atau arak-arakan Sang Saka Merah Putih dan Naskah Proklamasi juga kembali diadakan dari Monas menuju Istana Merdeka. Masyarakat umum juga dapat menyaksikan kirab di Monas.